Kamis, 06 Juni 2013

Konversi Masehi ke Hijriyyah dan Hijriyyah ke Masehi

Sebagai ummat Islam, kalender hijriyyah sangatlah penting. Salah satu fungsinya adalah untuk mengetahui awal bulan hijriyyah, hari-hari penting untuk beribadah, serta sebagai penunjuk waktu. Nah, pada kesempatan kali ini saya telah mengupload sebuah dokumen berbentuk excel yang dapat digunakan untuk mengkonversi tanggal masehi ke dalam tanggal hijriyyah dan sebaliknya. Jadi kita bisa mengetahui misalnya tanggal 6 Juni 2011 dalam kalender hijriyyah jatuh pada tanggal berapa, begitu pula sebaliknya. Kita bisa juga mengetahui weton lahir kita dengan cukup memasukkan tanggal lahir kita.

Screenshoot dokumen
Dokumen ini masih belum final, karena keterbatasan saya dalam memprediksi berbagai kemungkinan kesalahan yang ada. Saya berharap ada yang mau membantu saya dalam menyempurnakan dokumen ini. Dalam dokumen ini terdapat 4 tab:
- Tab pertama dan keempat dapat diedit rumusnya
- Tab kedua berisi tanggal-tanggal penting
- Tab ketiga tidak dapat diedit rumusnya
Rumus perhitungan ini berasal dari KH. Ahmad Rofiq Chadziq, seorang ahli falak dari Kudus dan pengajar di Madrasah NU TBS Kudus. Hari ini, Kamis, 6 Juni 2013 beliau telah dipanggil oleh Allah. Semoga dokumen ini dapat menjadi amal jariyah bagi beliau. Amin.

Konverter Masehi-Hijriyyah dan Hijriyyah-Masehi

Ada komentar, kritik, saran, atau request?