Rabu, 01 Agustus 2018

Fix: Tap Three Finger Elantech Windows 10

Windows selalu diperbarui tiap waktu, tapi terkadang banyak software pihak ketiga yang tidak dapat mengikuti perkembangannya sehingga terjadi ketidaksepahaman antara windows dengan software tersebut. Misalnya saja touchpad elantech. Drivernya bekerja dengan baik, tapi interfacenya tidak mengikuti. Dulu kita bisa setting klik tiga jari (tap three finger) lewat interfacenya. Tapi sekarang tidak lagi. Untuk mengkonfigurasi klik tiga jari harus lewat registry. Berikut caranya:
Pertama, tekan win+R lalu ketik "regedit", tekan enter. Lalu navigasi ke "Computer\HKEY_CURRENT_USER\Software\Elantech\SmartPad". Nah, di situ ada "Tap_Three_Finger_Enable" klik 2X ganti nilainya menjadi "1". Terus ganti juga nilai "Tap_Three_Finger" dengan nilai yang kamu inginkan. Bisa "1" atau "2" atau berapapun (nanti lihat sendiri bagaimana jadinya, kalau saya pakai nilai "1").
Terus coba deh klik tiga jari pada touchpad, pasti GAGAL! Hahaha, tenang dulu, masih ada proses selanjutnya. Sekarang buka setting mouse (klik ikon "Elan Pointing Device" di sebelah kanan taskbar). Lakukan apapun sampai tombol "apply" menjadi aktif. Terus klik tombol "apply" tersebut. Dan, jeng jeng, klik tiga jari pun berhasil.
Jadi, registry untuk input settingan, sedangkan interface elantech-nya untuk mengaktifkan settingan. Mungkin restart juga bisa mengaktifkan setiingan. Dah dulu ya, silakan dicoba-coba sendiri...

Ada komentar, kritik, saran, atau request?