Jumat, 29 November 2019

Review Gadget: Wireless Bluetooth Headset i7s TWS vs Mono S650


Perkembangan teknologi semakin cepat belakangan ini. Terlebih lagi untuk urusan gadget. Negara China telah banyak memproduksi gadget-gadget keren yang mirip dengan aslinya dengan kualitas yang bisa dibilang cukup lah untuk harga segitu. Salah satunya adalah headset bluetooth/wireless i7s TWS.

Dari segi harga i7s TWS yang bukan original ini sangatlah murah, tidak sampai 40 ribu di toko online. Desainnya mirip aslinya, ketahanan baterainya lumayan lah, apalagi ada charger docknya, jadi gak perlu repot cari colokan listrik kalau baterainya habis. Namun, dari segi suara gimana ya?
Menurut saya untuk headset ini kekurangannya adalah pada desainnya yang agak kebesaran untuk telinga orang Indonesia. Telinga saya terkadang sakit kalau memakai headset ini. Dari segi suara, suaranya sangat jernih untuk voice, namun untuk musik sangat tidak bisa diandalkan karena tidak ada bassnya. Volume maksimumnya juga sangat kecil dibandingkan dengan headset kabel. Tapi berkat volume yang rendah ini jadinya telinga tidak berdengung kalau dipakai lama-lama. Kekurangannya lagi adalah kalau dipakai berkendara dengan helm agak susah, mudah jatuh kalau helmnya dilepas. Jadi ya mudah hilang juga. Terus jika suara mesin motor agak keras, suara headsetnya jadi gak kedengeran. Terus juga kalau dipakai jalan agak gimana gitu jika dilihatin orang.
Nah, karena kecewa dengan headset ini, saya mencoba membeli headset yang ukurannya kecil. Saya tidak tahu mereknya, tapi kalau di toko online tipenya adalah S650. Dengan harga gak sampai 20 ribu per pcs, headset ini menurut saya kualitasnya jauh lebih baik daripada seri i7s. Sayangnya headset ini tidak stereo, jadi meski saya belinya 2, kanan dan kiri suaranya sama.


Yang enak dari headset ini adalah suaranya yang ngebass banget. Disamping itu ukurannya super mini, pas masuk di telinga. Sayangnya nih, kalau telinganya agak kecil headset ini kurang cocok. Soalnya headset ini tidak ada cantolannya, jadi ya tidak mesti cocok di semua telinga. Terus, pilih yang mana? Kalau ada dana mending cari yang bermerek aja, yang sudah pasti berkualitas dan juga stereo. Kalau dana minim ya cari promo ^_^

Ada komentar, kritik, saran, atau request?