Minggu, 09 Desember 2018

Review Gadget: Powerbank 12.000 mAh (Hippo Ilo vs Eternity Grip)


Eternity Grip 12 Ah vs Hippo Ilo P1 Mobile Legends

Beberapa waktu lalu saya lagi senang-senangnya belanja online, baru nyoba pertama langsung ketagihan. Mumpung lagi promo, saya coba beli power bank yang harganya 100 ribuan. Setelah riset kualitas di google, pilihan saya jatuh kepada Eternity Grip dan Hippo Ilo P1 versi Mobile Legends. Bagaimana performa kedua powerbank tersebut?


A. Desain
Untuk desain, Hippo Ilo lebih baik daripada Eternity Grip. Eternity Grip berbentuk kotak sedangkan Hippo Ilo berbentuk persegi panjang, nyaris sama ukurannya dengan smartphone saya. Hippo Ilo lebih mudah dibawa karena casingnya agak keset, beda dengan Eternity Grip yang casingnya agak mulus. Selain itu, Hippo Ilo dilengkapi dengan lampu LED untuk penerangan darurat, sedangkan Eternity Grip tidak.

B. Berat
Hippo Ilo (230 gr) lebih ringan dari Eternity Grip (250 gr).

C. Baterai
Eternity Grip menggunakan Lithium Ion sedangkan Hippo Ilo menggunakan Lithium Polimer (LiPo). Perbedaannya adalah LiPo lebih baik namun usianya lebih pendek dibanding Lithium Ion.

D. Kecepatan Pengecasan
Karena menggunakan LiPo, Hippo Ilo lebih cepat diisi dibanding Eternity Grip


E. Harga
Karena lagi promo, harga ya tergantung penjualnya. Saya dapat Eternity Grip seharga Rp. 111.000,- sedangkan Hippo Ilo harganya Rp. 105.000,-.

F. Kesamaan
Kedua power bank ini memiliki output yang sama, yaitu maksimum 2,1 A. Keduanya juga otomatis berhenti mengisi ketika baterai sudah penuh atau hampir penuh. Kapasitas realnya juga relatif sama, bisa mengecas HP LG K350 sebanyak 3 kali full lebih sedikit. Kedua power bank ini juga dilengkapi dengan fitur yang sama, di antaranya over charge protection yang mencegah baterai kelebihan muatan.

Demikianlah review tentang power bank yang saya beli. Saya tidak bisa menyimpulkan powerbank mana yang lebih baik karena keduanya memiliki karakteristik yang berbeda. Saya lebih suka membawa Hippo Ilo jika sedang keluar karena lebih ringan dan bisa dibawa bersamaan dengan HP saya. Namun saya juga khawatir karena pernah menyaksikan sendiri baterai LiPo yang terbakar karena over charge, apinya setinggi kurang lebih setengah meter.

Ada komentar, kritik, saran, atau request?